Berkelilinglah, maka Dunia akan Terasa Lebih Indah




Pernah merasa bosan bahkan burn out dalam menjalani aktivitas? Tentunya apapun aktivitas kita, bekerja di luaran atau di rumah, terkadang bosan akan mudah menyapa. Hal yang wajar. Apalagi jika aktivitas kita monoton, tidak berwarna. Sedikit stressor akan menambah daftar ketersiksaan yang kita hadapi.

Bagi saya, berkeliling sejenak, yang bahasa kerennya piknik, dapat menjadi salah satu alternative untuk mengurangi penat yang terasa. Melihat budaya lain, melihat warna berbeda, nuansa yang unik sepanjang perjalanan, sedikit banyak akan membuat rasa bosan menguap.

Tidak terjadi otomatis memang. Hanya saja, saat kita berjalan, kita akan mengambil hikmah atas apa yang kita temui. Misalkan kita merasa menjadi orang yang paling menderita, saat berjalan sekian kilometre kita menemukan pengemis. Hati nurani kita akan diketuk di situ, pantaskah masih mengeluh yang paling menderita? Saat kita putus asa, lantas berjalan dan melihat pedagang asongan tua menjajakan barangnya. Alangkah malunya diri yang masih punya tenaga dan daya, tetapi hendak menyerah pada takdir. Sungguh perjalanan akan mampu membuka mata bagi hamba yang bersyukur.


Perjalanan tak selalu harus mengetuk batin. Melihat tempat yang indah, menjadi jurus tersendiri saat hati gundah. Deburan ombak yang lembut nan menawan, akan melarutkan luka yang terpendam. Dinginnya pegunungan, akan membuat hati rapat menggigit luka dan membiarkan tawa menyapa. Bergeraklah, karena diam itu membunuh.

Saat kehilangan lekat mendekam diri, bergerak dan berkeliling menjadi prasyarat mutlak agar tidak jatuh pada depresi. Luka pasti, perih tak diragukan. Berkeliling dan terus bergerak, akan membuat energy berfikir berubah menjadi yag positif. Waktu yang akan menghapus luka. Bukan keterdiaman dalam ketakutan yang menguburnya. Terus bergerak, maka memori sedih akan berganti dengan bahagia. Jangan sibukkan diri dengan memikirkan perkara cabang, karena hidup kita jauh lebih berharga. Berkelilinglah, maka dunia akan terasa lebih indah.


#berbagi #menulis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Blog Asyik untuk Blogwalking

Ada Edufest Keren dan Wajib Dikunjungi di Kampung Ini

Puisiku