Kenali Objek Pembaca Sebelum Menulis



“ Hal pertama yang perlu diketahui oleh seorang penulis media online yaitu mengenali objek pembaca. Setiap segmen media online memiliki sasaran pembaca yang berbeda.”

Kata-kata tersebut disampaikan oleh mbak Risalah Husna yang pagi itu, tanggal 10 Desember memberikan materi tentang Menulis di Media Online. Mbak Risalah memberikan contoh salah satu media online yang apik penataannya adalah CNN Indonesia. Peserta diminta untuk membuka CNN Indonesia melalui handphone masing-masing dan melihat perbedaannya dengan media online yang lain. Salah satu poin lebih CNN Indonesia adanya jeda diantara berita yang berbeda, sehingga mata pembaca akan lebih termanjakan untuk fokus pada satu per satu berita.

Menulis di media online hampir sama dengan menulis pada media yang lain. Bedanya karena hanya melalui media online, tata letak dan judul menjadi poin yang sangat penting. Karena beberapa detik saja berita tidak dibaca artinya berita tersebut dinyatakan tidak menarik. Judul yang disajikan harus ringkas dan mengundang rasa ingin tahu pembaca. Mbak Risalah mengingatkan meskipun judul menarik, harus ada kesesuaian dengan isi. Penulisan di media online juga bukan center ataupun rata kanan kiri, tetapi rata kiri. Menurut mbak Risalah jenis tulisan ini yang direkomendasikan dalam penulisan berita agar tidak terkesan kaku.

Mbak Risalah menambahkan bahwa berita terbagi menjadi dua, yaitu hard news dan soft news. Hard news merupakan berita yang satu moment, jika terlewat waktunya maka berita akan basi. Sedangkan soft news berita yang rentang waktunya lebih lama, dan tidak mudah basi. Biasanya yang temanya lebih ringan.

Beruntung kami peserta calon anggota FLP angkatan X dapat berjumpa dengan mbak Risalah. Mbak ayu tersebut juga membagikan pengalaman beliau baik sebagai jurnalis media online maupun sebagai blogger. Banyak peserta yang bertanya bagaimana caranya menghasilkan uang dari blogger, dan mbak Risalah tidak segan berbagi pengalamannya selama menjalani peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus blogger. Poin yang disampaikan mbak Risalah adalah harus tahu produk sebelum melakukan publikasi via blog. Tak segan mbak tersebut membocorkan sedikit rahasianya tentang penghasilan yang didapatkan melalui blog nya.

“Tetapi saya disini untuk menyajikan materi media online lho, bukan blogger,”selorohnya disambut senyum dari peserta yang hadir.

#oche2210
#belajarMembagiFokus



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Blog Asyik untuk Blogwalking

Ada Edufest Keren dan Wajib Dikunjungi di Kampung Ini

Lima Youtuber Favorit