Ketidaktertiban berlalu lintas sumber utama kemacetan Jalur Ciawi-Sukabumi





Penumpang bus terpaksa membeli makanan di pinggir jalan karena kemacetan parah Ciawi-Sukabumi

Bogor . Apa yang terlintas di benak warga Bogor saat disebut jalur Ciawi- Sukabumi? Ya, macet. Jalur yang menghubungkan Kabupaten Bogor dan Kota Sukabumi ini akrab dengan kemacetan.

Faktor utama pencetus kemacetan di jalur ini merupakan ketidaktertiban berlalu lintas pengemudi. Berdasarkan hasil pengamatan, saat kendaraan tersendat sedikit jalannya, pengemudi di jalur ini dengan enteng langsung ngebut di jalur kanan menciptakan lebih dari satu jalur dalam satu arah. Kondisi ini tentu memperparah kondisi kemacetan karena kendaraan dari arah berlawanan kesulitan untuk melintas. Bahkan hal yang sering terjadi saat terjadi bentrok dengan pengendara di jalur berlawanan menyebabkan kemacetan parah yang berujung antrean kendaraan panjang tak bergerak bak parkir beberapa kilometer.

“Jalur Ciawi-Lido ini jalur terparah ketertiban berlalu lintasnya. Sepanjang dari Cimahi – Lido, disinilah sopir-sopirnya gak pake aturan,”kata Yoni, pengendara motor yang rutin pulang pergi sepekan sekali dari Lido ke Cimahi.
“Kalau semuanya tertib, sebenarnya jalan kok walau terkadang antri,”tambahnya.

Ketidaktertiban ini semakin memperparah kondisi kemacetan saat banyak proyek dilakukan di sepanjang jalur ini. Seperti sekarang ini sedang ada pembangunan jembatan di Cisalopa yang menyebabkan kendaraan harus bergantian saat melintasi jembatan darurat. Sering kita lihat angkot, bus, ataupun kendaraan pribadi yang main serobot menjelang masuk ke jembatan, sehingga saat terjadi bentrok dengan kendaraan arah lain yang keluar dari jembatan akan berpotensi makin memperparah kemacetan.

Pemerintah berusaha mengurai kemacetan di jalur ini, salah satunya dengan membangun jalan tol. Namun selain membangun sarana, pemerintah hendaknya memperhatikan sisi edukasi berkendaan bagi pengguna jalan di jalur Ciawi-Sukabumi. Sebagus apapun infrastruktu jika tidak didukung dengan mentalitas yang baik, tidak akan mengurai persoalan pokok kemacetan. (30/11)


#oche2210
#BelajarNulis


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Blog Asyik untuk Blogwalking

Ada Edufest Keren dan Wajib Dikunjungi di Kampung Ini

Puisiku