Gratis Masuk Tol Baru Ciawi-Sukabumi


Hellow sobat semua.  Kali ini saya membawa kabar gembira tentang jalan tol Ciawi-Sukabumi yang sudah kita tunggu-tunggu.  Alhamdulillah,  pada tanggal 1 Desember 2018 lalu telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, bapak Jokowi untuk termin 1, jalur Ciawi - Cigombong. 


Tampaknya kita tak asing dengan berita selama ini Ciawi-Sukabumi terkenal akan jalur merahnya,  alias sangat macet.  Bukan hal aneh jika ada yang mengeluh dari Ciawi ke Cigombong bisa jadi membutuhkan waktu satu jam,  dua jam,  bahkan terparah pernah enam jam dengan kendaraan roda empat.  Padahal jaraknya tidak terlalu jauh,  hanya kisaran 10 kilometer-an.  Kurang tertibnya pengguna jalan menjadi salah satu pemicu kemacetan parah yang sering tercipta. 


Namun,  kini dengan beroperasinya tol baru, permasalahan kemacetan di jalur tersebut kian terurai.  Beberapa hari yang lalu saya mencoba tol baru tersebut masuk dari pintu tol Cigombong.  Oh ya,  letak pintu tol nya di seberang perumahan mutiara lido/pom bensin Cigombong. 



Suasana masih lengang saat saya masuk ke pintu tol.  Mungkin karena masih pagi atau belum semua orang tahu bahwa tol ini telah beroperasi.  Sobat,  berkah sekali.  Masuk tol masih GRATIS.  Asli,  benar-benar rp.  0,-. Eits tapi bukan berarti sobat tidak perlu e-toll/e-money, tetap dibutuhkan sobat.  Karena gerbangnya ada palang otomatisnya.  Terbuka jika kita tapping e-toll dan tidak terpotong saldonya. Masha Allah. Cantik sekali susunan jalan bersilangan ketika kita masuk pintu tol Cigombong. Pantas saja spot peresmian di sini, karena memang asli indah dan keren banget.



Pintu keluar pertama jika kita mengarah ke Bogor adalah Caringin.  Bagi sobat yang ingin menuju Cimande,  Caringin,  Kinasih dan sekitarnya,  keluar lewat pintu ini yang paling tepat.  Selanjutnya perjalanan cukup panjang menuju pintu tol berikutnya. Tenang,  sepanjang panjangnya tidak sampai 10 menit dengan perjalanan santai. 
Menjelang tol Jagorawi, sobat akan bertemu dengan pintu tol Ciawi/Puncak. Letak pintu ini keluarnya di dekat perempatan Ciawi.  Buat sobat yang ingin ke Puncak,  Tajur,  Cikreteg,  pintu ini yang paling sesuai. Namun bagi sobat yang ingin ke Jakarta, tidak saya sarankan melewati pintu ini. Karena sobat akan bertemu dengan perempatan Ciawi yang biasanya agak ramai lalu lintasnya.



Dan terkhir sobat semua akan langsung bergabung di tol jagorawi. Terkadang bagi sobat yang awam dengan daerah Ciawi,  tidak akan sadar saat tol sudah bergabung dengan tol Jagorawi. Penandanya gampang,  kalau ada pintu tol lagi langsung lewat tanpa bayar,  artinya sobat sudah berada di tol jagorawi (gerbang pembayaran/kartu yang lama).
Perjalanan kami kemarin sekitar 17 menit,  karena kami jalan cukup pelan sambil mendokumentasikan moment yang ada.  Rerata orang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk perjalanan Ciawi-Cigombong.  Sebuah waktu yang fantastis,  mengingat stigma yang terbangun di jalur ini sekian lama. 



Oh ya,  untuk baliknya ke arah Cigombong, jika sobat masuk dari tol bogor dan keluar pintu tol Ciawi,  pastikan selalu mengambil jalur kanan.  Karena pada percabangan pertama sobat akan ketemu cabang ke kiri ke puncak dan tetap pilih kanan.  Percabangan kedua akan ada pilihan tujuan Ciawi/Cigombong. Pastikan sobat pilih yang kanan agar segera masuk ke tol baru tersebut.  Tenang dan pasti adalah kunci kenyamanan perjalanan di tol yang menjadi impian banyak orang tersebut.  




Suasana keluar tol Jagorawi melalui pintu Ciawi


Percabangan masuk tol Ciawi- Cigombong


Lalu lintas tidak terlalu padat di dalam tol


Pintu keluar Cigombong

Selamat berpetualang, sobat. Dan temukan sensasi baru di tol yang baru. Jangan lupa ceritakan pengalamanmu ke sobat yang lain agar mereka tahu ke Cigombong sekarang sudah tidak macet lagi.

#day14
#berbagi





.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Blog Asyik untuk Blogwalking

Ada Edufest Keren dan Wajib Dikunjungi di Kampung Ini

Puisiku