Resep Hidup Sehat dengan Biaya Murah



Siapa sich yang tidak mau sehat?  Semua orang pasti menginginkannya. Hanya saja terkadang kita bingung menentukan, resep hidup seperti apa sich yang membuat kita sehat. Berikut ini saya rangkum beberapa tips hidup sehat dengan biaya murah dari berbagai sumber.


1. Minum air putih
Sebagian besar tubuh kita terdiri atas unsur air. Sehingga wajar jika air menjadi kebutuhan bagi setiap insan. Meminum delapan gelas per hari akan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jumlah tersebut harus ditambah bagi anda yang beraktivitas lebih, sedang stress, berada di daerah panas, atau bagi ibu-ibu yang menyusui. Jangan berpikiran bahwa aman-aman saja tidak minum air putih bagi anda yang bekerja di dalam ruangan berAC. Anggapan itu salah besar. Karena penguapan tetap terjadi dari tubuh kita meski kita di suhu yang sejuk. Sayangnya kita jarang merasa haus saat berada di ruang AC. Oleh karenanya sebagai tips sederhana, sediakan botol air atau gelas di meja kerja anda untuk memastikan anda tidak dehidrasi.

Air selain berfungsi mencegah dehidrasi, juga sangat baik bagi kulit kita. Elastisitas kulit akan lebih terjaga jika kita mengkonsumsi cukup air. Belum lagi membantu banyak fungsi di tubuh kita. Jadi paham kan kenapa sangat berbahaya seseorang yang mengalami dehidrasi? Karena air mengambil peran vital dalam tubuh kita. Hampir semua proses dalam badan kita melibatkan unsur cairan.


2. Makan makanan seimbang
Maksudnya disini seimbang secara kandungan maupun jumlah. Manusia membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, air. Dalam jumlah tertentu semua kandungan tersebut bermanfaat bagi tubuh. Makan terlalu banyak yang mengandung lemak akan berbahaya bagi kondisi kesehatan kita. Semisalnya memperbesar resiko kolesterol naik, penyakit jantung, kenaikan berat badan (obesitas). Kekurangan vitamin juga tidak baik untuk kesehatan. Karena kita tahu banyak manfaat vitamin seperti untuk kesehatan mata, kekuatan tulang, kulit, dan manfaat yang lainnya. Mengkonsumsi cukup buah-buahan dan sayur-sayuran akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin bagi kita.

Poin terpenting dalam makan itu makanlah beraneka ragam makanan dengan kandungan yang berbeda. Karena dengan keanekaragaman itu kita akan terhindar dari berlebihan atau kekurangan.



3. Olah raga

Tak harus khusus ke klub olahraga.  Berlaria-larian dengan anak kita sudah cukup disebut sebagai olahraga. Menjadwalkan rutin sepekan bersama keluarga olahraga bersama juga keren. Renang,  lari bersama,  main bulu tangkis,  atau sekedar sepak bola versi anak anak. 

Olahraga memastikan otot otot bergerak sehingga akan terjaga elastisitasnya dan memperbaiki kinerjanya.  Tentunya asal tidak berlebihan,  ya.





4. Istirahat yang cukup
Istirahat menjadi penentu kesehatan kita, terutama istirahat yang berbentuk tidur. Karena dengan tidurlah kita benar-benar beristirahat. Mengistirahatkan otot-otot sadar kita sehingga saat terbangun kondisinya siap untuk altivitas selanjutnya.

Tidur yang cukup juga berarti tidur yang berkualitas. Tidur yang tidak siaga. Karena banyak orang yang sebenarnya tertidur, tetapi karena banyaknya beban berat atau karena penyakit tertentu, tidak dapat tidur dengan sebenarnya. Saat bangun kondisi tidak akan menjadi lebih baik, bahkan menjadi sangat lelah.

Namun perlu diingat, tidur tidak boleh berlebihan juga, Karena bias mencipta kemalasan. Bukan kesehatan yang kita dapatkan, bias-bias bertambah berat badan kita karena hanya maan dan tidur kerjaan kita.



5. Memaafkan
Tahukah sobat semuanya bahwa memaafkan itu menyehatkan? Memaafkan diri sendiri ataupun memaafkan orang lain. Perlu kita ingat bahwa apa yang terjadi di masa lalu sekeras apapun kita menangis, tak akan pernah berubah ceritanya. Apakah lantas karena masa lalu yang tak pernah bias kita hapus, kita terus membawa kemarahan ke orang lain atau diri sendiri? Sementara masa depan kita tidak tahu. Hanya masa kini yang kita miliki.

Orang yang mampu memaafkan sejatinya belajar untuk selalu berfikir positif. sama artinya dengan mengizinkan diri untuk merasa bahagia. Karena hanya orang yang tidak mendendam yang mampu mencecap bahagia sebenarnya.




6. Berpikir positif dan mendekatkan diri padaNya
Segala sesuatu tergantung sudut pandang kita. Ingat pepatah/hadist bahwa Allah itu bersama prasangka umatNya? Karena pikiran yang dilakukan dengan khusuk, sejalan menjadi bait-bait doa. Semakin positif cara berfikir kita, sejatinya kita sedang memberikan gizi bagi diri sendiri. Berfikir positif akan membuat perasaan lebih tenang, lebih percaya diri,meningkatkan fokus, memiliki teman lebih banyak. Separo masalah kita akan selesai sebelum diselesaikan ketika kita berfikir positif.

Logikanya sederhana. Kita mau mendaki ke gunung. Orang yang positif akan mencari informasi yang valid dan akhirnya membawa perlengkapan yang dibutuhkan sesuai medan. Bayangkan jika yang akan pergi orang yang berfikiran negative. Sebelum pergi bias-bias berpikir jangan-jangan di gunung ada beruang kutub, ada dinosaurus, ada macan afrika, ada burung onta, dan lain sebagainya. Orang yang berfikiran negatif memiliki bayangan yang lebih besar dari kenyataan. Tak akan bisa menikmati dan mensyukuri hidup orang yang selalu berpikir negatif. Masalah terbesarnya bukan pada masalahnya, tetapi dirinya sendiri. Teruslah berpikir positif. Karena masalah tidak pernah salah. Dia hadir untuk membuat hidup kita lebih kuat.

Satu yang perlu diingat. Selalu libatkan Dia dalam setiap masalah yang kita hadapi. Karena hanya dengan mengingatNya hati merasa tenang.



7. Bergaul dengan orang yang positif
Pernahkah sobat berada di lingkungan yang orang-orangnya hanya suka bergosip, selalu mencari salah orang lain, menjelek-jelekkan orang lain. Nyamankah berada di lingkungan seperti itu? Jika posisinya hanya sebagai teman saja kita sudah tidak nyaman, apalagi jika orang-orang berpikir negatif tersebut menjadi teman dekat kita. Wow.

Seperti teori penjual minyak, jika kita berdekatan dengannya akan kecipratan wangi meskipun hanya duduk-duduk di dekatnya. Artinya orang yang berpikir positif akan membawa aura positif juga ke lingkungannya.

Tidak masalah kita berteman dengan siapa saja. Hanya demi kesehatan batin yang nantinya akan berdampak pada kesehatan fisik kita, dominansikanlah pergaulan kita dengan orang-orang yang positif.



8. Jangan mendramatisir keadaan
Pernah tahu orang-orang yang terlalu lebay dalam menyikapi hidup? Sedikit-sedikit hal negatif teman dijadikan status. Sedikit saja mengalami masalah akan mendramatisir seolah-olah gunung akan meletus, hari akan berakhir. Common. Demi kesehatan fisik dan batin kita, hindarilah mendramatisir keadaan. Semakin kita mendramatisirnya maka masalah akan terasa lebih berat dan membuat sesak di hati. Untuk apa kita memikirkan orang yang menyakiti hati kita dengan repot-repot bercuat di sana-sini dan membawa beban tersebut siang malam? Belum tentu orang yang kita pikirkan memikirkan kita. Hanya akan membuat energi kita terbuang untuk hal-hal yang percuma. Tubuh kita hanya satu. Otak kita hanya satu. Biarkan semua berjalan dengan porsi semestinya, dan izinkan kita selalu bahagia. Membenci orang lain tak akan membuat kita bahagia. Berlebihan dalam menyikapi sesuatu tak akan membuat kita mendapat simpati.





Mau mencoba tujuh langkah sehat di atas? Semoga sukses dan berkelimpahan kesehatan untuk kita semua.


#day12
#bloggerperempuan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Blog Asyik untuk Blogwalking

Ada Edufest Keren dan Wajib Dikunjungi di Kampung Ini

Puisiku