Lima Kuliner Lezat di Bogor


Menyebut kata kuliner,  langsung perut saya keroncongan siang ini.  Tampaknya makanan selalu punya daya tarik tersendiri karena masuk dalam kebutuhan dasar manusia. Sebagai emak-emak beranak dua,  mencari tempat makan yang lezat sudah menjadi sebuah kebutuhan.  Kenapa?  Makanan itu selain fungsi utamanya mengenyangkan, juga memiliki fungsi tambahan untuk membahagiakan.  Otomatis apapun yang kita makan harus berasal dari  sesuatu yang kita cintai.  Bahkan makanan yang dibuat dari hati akan jatuh ke hati,  hehe.  Siang menjelang sore membicarakan hati. Namun saya serius sobat,  coba saja makan sesuatu yang kita sukai di tempat makan yang kita merasa nyaman,  mood kita yang sebelumnya jelek dapat terdongkrak,  lho. 

Oke deh,  kita langsung saja ke lima tempat makan favorit saya di bogor yang wajib rekan-rekan coba:

1.  Warung Jawa Timur Pak De Kan
Bagi rekan-rekan yang menyukai masakan jawa timur,  tempat ini surganya.  Lezat banget.  Saya paling suka mencoba rujak cingur,  tahu campur,  pecelnya,  es blewah,  es kelapa muda,  dan lain-lain.  Asli rasa petis dalam rujak cingurnya itu pas dan ngangenin.  Demikian juga tahu campurnya.  Porsi tidak berlebihan dengan rasa yanf menawan membuat saya tidak cukup hanya sekali datang di tempat ini.  Apalagi es blewahnya,  mirip banget dengan rasa di kampung Jawa Timur.  Bening dan segar di mulut.  Rasa haus kita langsung raib saat datang ke rumah makan ini dan bertemu segelas es blewah. 
Cara mencapai lokasi warung makan ini sangat mudah,  cukup menulis di tombol pencarian google maps dan sejenis nama warungnya,  otomatis kita akan diantar ke lokasi.  Atau kalau lupa tidak membawa ponsel,  rekan-rekan dapat langsung meluncur di jl.  A.  Yani Tanah Sereal Kota Bogor Jawa Barat.  Diantara rerimbunan pohon besar,  jika kita meluncur ke arah air mancur kita akan menemukan restoran ini.
Jangan kuatir,  secara harga warung ini ramah di kantong. Jadi tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bernostalgia masakan Jawa Timur di kota  hujan ini.
Suasana depan rumah makan. sumber foto: openrice Indonesia

Tahu campur yang lezat. Sumber: dokumentasi pribadi

Es blewah yang segar

Nasi pecel dengan rempeyek yang renyah


2. Toge Goreng Pak Abung
Siapa yang tak kenal makanan khas Bogor ini.  Toge goreng,  meski disebutkan digoreng tetapi sejatinya tidak benar-benar digoreng.  Tepatnya justru direbus.  Dicampur dengan potongan tahu kuning,  lontong,  dikuahin dengan saos tauco yang lezat.  Langsung membuat lidah penikmatnya bergoyang begitu sepiring toge goreng tersaji. 
Toge goreng Pak Abung ini berbeda dengan toge goreng yang lainnya.  Memasaknya dengan menggunakan kayu. Kalaupun kita minta dibungkus,  pembungkusnya juga daun khusus.  Kelebihan yang lain,  toge goreng Pak abung ini lezat sekali.  Segar,  gurih,  dan pedas bercampur menjadi satu.  Ditambah keramahan pelayanannya membuat saya berpuluh kali mendatangi tempat ini.  Sampai-sampai si mamangnya hapal karena seringnya saya mampir.  
Mungkin pada penasaran,  dimana sich letak toge yang lezat ini?  Ini dia yang special.  Toge Goreng Pak Abung terletak di jalan alternatif yang menghubungkan kota Bogor dengan Kecamatan Cigombong, tepatnya di jalan raya Cihideung,  Cijeruk,  Palasari,  Cijeruk,  Bogor, tepat di kaki Gunung Salak (atau di punggung Gunung Salak) . Suasana sejuk dan dingin akan menyapa kita saat mampir menjelang sore hari.  Menunggu sepiring toge goreng tidak akan terasa karena mamang yang baik akan mengantarkan ke kita teh tawar hangat khas Toge Goreng yang gratis untuk kita. 
Kantong anda terbatas?  Jangan kuatir.  Seporsi toge goreng lezat harganya tidak sampai sepuluh ribu. Seingat saya 7-8 ribu sudah cukup untuk membuat perut kita kenyang.  Jadi kenapa tidak dicoba makan di tempat sembari duduk di bale dan mencecap hawa dingin Gunung Salak? 
Suasana yang ngangenin di toge goreng Pak Abung. Sumber foto: hallobogor. Com

3. Tom Yum Pajajaran
Jangan mengaku pecinta seafood jika belum pernah mampir di rumah makan ini.  Aneka jenis seafood tersaji dengan bumbu yang enak.  Wajar jika kita masuk ke restoran ini,  pulangnya perut sudah berasa begah kekenyangan karena kalap makan.  Hehe.  Sejauh ini beberapa kali mampir, saya paling susah mengendalikan makan saat di lokasi ini.  Rasa masakannya itu pas dan segar sehingga menggoda untuk dihabiskan,  hehe. 
Bagi yang belum tahu,  Tom Yam Pajajaran ini terletak di jalan yang sejajar dengan Rumah Sakit Bogor Medical Center (meski di ujung), seberang pintu masuk perumahan Villa Duta Bogor (pintu ke arah kolam renangnya).  Bersebelahan dengan Soto Ibu Rahayu.  Hehe,  detail banget ya memberi alamatnya.  Yang jelas,  bagi yang bingung cukup ketik Tom Yam Pajajaran,  maka sobat akan diantar langsung ke lokasi,  tentunya dengan naik mobil atau motor sobat sendiri ya. 
Apa sich istimewanya restoran ini?  Pertama adalah kelezatan masakannya.  Favorit saya itu tom yam seafood,  olahan bebek,  kerang, udang,  kepiting, jamur,  olahan buncis,  dan lain-lain yang enak enak semua.  Mungkin menu masakannya asing,  jangan kuatir ikuti tips saya.  Saya akan memanggil pelayannya dan menanyakan ini nama makanan komposisinya apa,  bumbunya apa.  Tidak perlu malu,  demi menikmati makanan yang lezat dan tak salah pilih.  Kelebihan kedua restoran ini tempatnya bersih dan adem.  Tersedia toilet yang bersih dan musholla yang nyaman.  Hal ini mungkin yang membuat pengunjung betah berlama-lama.  Kelebihan yang ketiga,  restoran ini menyediakan harga paket dengan harga yang terjangkau dan dijamin kenyang.  Sangat cocok untuk kumpul-kumpul, buka puasa,  atau acara bersama lainnya.  Keempat,  penyajian di restoran ini unik.  Sehingga kita-kita penikmat kuliner merasa istimewa.  Dan satu poin plus restoran ini,  pelayanannya ramah.  Kita dapat booking via wa,  atau langsung datang.  Sering kita dapat discount tertentu jika sudah booking terlebih dahulu.  Ramah dan merasa di rumah itu kesan yang diberikan dari pelayanan restoran ini.  
Untuk membuktikan apa yang saya ceritakan,  rekan-rekan dapat langsung cek di TKP dan segera menyantap hidangan lezat ala negeri thailand.  
Beberapa contoh menu di Tom Yam Pajajaran. Sumber :zomato

Menu di Tomyam Pajajaran. Sumber: pergikuliner. Com

Tom yum yang lezat. Sumber : Julianadewi. Com


Suasana restoran yang nyaman.  Sumber : jktdelicacy. Com

Suasana sisi depan Tomyum Pajajaran. Sumber : zomato. Com

4. Soto Ibu Rahayu
Siapa yang tidak mengenal makanan berkuah bernama soto?  Setiap dari mengenal soto dengan varian yang berbeda.  Khusus di soto ibu rahayu kita mendapatkan aneka jenis soto yang lezat dan menggugah selera. Ada soto bogor,  soto ayam,  soto goreng,  soto mie,  dan aneka jenis soto lainnya.  Kalau saya paling suka soto goreng.  Isinya bisa memilih,  apakah paru,  daging,  atau kikil.  Kuahnya itu lho,  kaldu banget kerasa lezat.  
Serunya lagi saat ini berlangsung discount 50% pada weekday maupun weekend pada jam-jam tertentu.  Lumayan berasa murah bagi kita-kita pecinta kuliner, hemaat.  Ada juga promo discount 15% untuk take away, potongan harga pada pembelian berikutnya, ataupun promo pada jam-jam tertentu.
Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam bagi kita yang tahu kapan jamnya murah. Pun misal tanpa discount tetap saja murah untuk ukuran sotonya. Biar makin hemat lagi, pilih minum yang harganya ramah di kantong. Misalkan teh panas manis, es teh manis, air kelapa. Karena uniknya di tempat ini untuk beberapa minumannya berharga lebih dari 25 ribu. Jangan takut, porsinya minum pas dan kelezatannya tak diragukan, terutama yang recomended banget itu Es Cendol dan Kelapa Mudanya. Manisnya pas dan racikannya oke sehingga menjadi pelengkap makan soto yang enak.
Saya suka datang di Kedai Soto Ibu Rahayu yang beralamat di jalan Pajajaran Indah V No. 38 Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor Jawa Barat. Tepat di sebelah Restoran Tomyam Pajajaran.

                          
Seporsi soto goreng siap menggoyang lidah. Sumber: foodtofoodie

Paket hemat di pagi hari. Sumber: Zomato



5. Restoran apung Pi Nadar
Apakah ada yang pernah mendengar Danau Lido? Sebuah danau yang terletak di jalan raya yang menghubungkan Bogor dengan Kabupaten Sukabumi, tepatnya di kecamatan Cigombong. Di sekitarnya terdapat tempat rekreasi Lido Resort dan Lido Lake resort. Nah, posisi restoran apung Pi-nadar ini tidak jauh dari kedua tempat tersebut. tepat di sisi jalan H.R Edi Sukma tidak terlalu jauh dari SPN PMJ (Sekolah Polisi)- Lido. Tentu saja, namanya restoran terapung, Pi Nadar tepat di danau Lido. Jika diperhatikan justru mengapung di danau Lido. Kita dapat merasakan sensasi seperti naik perahu saat berjalan ataupun makan di restoran ini.
Jangan kaget, saat di pinggir jalan kita hanya menemukan lahan parkir dan pintu masuk ke lokasi. Saya dulu awalnya juga bingung, sebelah mana yang disebut restoran terapung Pinadar. Petugas keamanannya akan mengarahkan lewat pintu mana untuk menuju ke lokasi.
Bagi sobat yang ingin menambah sensasi sekaligus menikmati suasana danau yang sejuk, dapat memesan menu sekaligus rakit. Sambil makan sambil berkeliling di atas danau Lido. Dijamin sepoi angin akan menemani makan siang yang lezat.
Apa sich menu favorit di tempat ini? Ada banyak ragamnya. misalkan olahan ikan, ayam, daging, sayuran, karedok, tempe, dan aneka menu lainnya. Namun kalau saya pribadi paling suka ayam andaliman. Bagi sebagian orang rasanya aneh, seperti ada mint nya. Hehehe, justru itu letak kelezatannya. Pilihan kedua karedoknya lumayan enak. Ikan guraminya juga kriuk. Perut keroncongan datang ke Pinadar, hati-hati. Bisa kalap memesan menu. Kalau saya, cukup seporsi ayam andaliman, gado-gado/karedok, tempe goreng, dan nasi putih yang mengepul, sudah cukup mengenyangkan perut. 
Mau membutikan kelezatan makan di Pinadar? Langsung Set google maps sobat ke restoran pinadar dan segera nikmati kuliner bernuansa danau. 



Suasana  restoran apung Pinadar dari tempat parkir restoran yang romantis. Sumber : kompasiana.com


Contoh menu di restoran Pi Nadar. Sumber : Facebook 


Rakit-rakit yang siap mengantar kita berkeliling danau. Sumber : Wartakota

Itu dia lima kuliner lezat di Bogor menurut saya.  Untuk membuktikannya,  silakan langsung merapat ke masing-masing lokasi.  Buktikan dan siap-siap kenyang. Apa ada yang sama dengan favorit sobat sekalian? 


#day7
#kuliner




Komentar

  1. Saya lumayan sering ke Bogor, nengok anak di IPB. Tapi kayaknya jauh dari sana ya? Pengen nyoba yang Tom Yum itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ipb kampus baranangsiang tidak terlalu jauh, bun. Kalau dari ipd dramaga lumayan jauh...😊😊

      Hapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Blog Asyik untuk Blogwalking

Ada Edufest Keren dan Wajib Dikunjungi di Kampung Ini

Puisiku