Berbagilah, Maka Semua Menjadi Lebih Indah

Kata itu mungkin yang pas untuk menggambarkan kenapa saya ingin menulis blog.  Awalnya dulu memang saya membuat blog ini karena penugasan yang mewajibkan dipublikasikan melalui blog.  Malu dan ragu saat tulisan kita dibaca oleh orang lain tentu hal yang biasa menghinggapi.  Namun lama kelamaan kita kembalikan ke niat, bahwa kita menulis untuk berbagi. Di tema pertama Blogger Perempuan Network Challenge saya ingin berbagi kenapa menulis blog. Bagi saya ada beberapa keuntungan kita menulis blog,  dintaranya:
1. Berbagi bahagia ke orang lain
    Menulis kata-kata melalui blog lebih 
    mengalir,  tidak terbatas jumlah kalimat 
    atau kata.  Sehingga saat kita  
    menceritakan sesuatu dapat lebih 
    ekspresif tanpa makna implisit.  Dengan
    blog saya lebih bebas menggambarkan
    apa yang terjadi,  dengan siapa,  apa 
    keuntungan,  dan lain-lain.  Demikian
    juga saat menceritakan sebuah buku,  
    kuliner,  wisata,  dapat lebih detail.   
    Sehingga pembaca merasakan bahagia 
    yang kita rasakan. 
2. Berbagi kata-kata
    Merangkai kata-kata membutuhkan seni
    tersendiri.  Beberapa blog menyajikan 
    pantun,  puisi, kata-kata mutiara.  
    Tentunya secara langsung maupun tidak 
    akan menambah kosa kata di  
    benak pembaca.  Saya menyukai puisi,  
    beberapa kali menulisnya di blog.  
    Inspirasi tulisan tersebut  terkadang 
    dari hasil membaca blog/sosmed orang 
    lain (meski kalimat di puisi murni karya
    saya,  tetapi membaca kalimat orang lain
    membuat saya harus belajar ekstra dan 
    lebih kreaktif merangkai kata) . Blog lah
    yang bisa menjembatani itu.  Karenanya  
    saya memilih blog untuk menuangkan 
    Prasa,  membawa bahagia.
3. Memperlancar kemampuan menulis
    Tidak ada sesuatu yang instan di dunia 
    ini.  Demikian juga kemampuan menulis. 
    Tidak akan tahu kita bisa menulis atau 
    tidak,  tanpa kita menulis sama sekali. 
    Blog mengizinkan kita menulis apa saja 
    tanpa batasan genre.  Tanpa perlu kuatir
    salah benar,  karena menulis itu hanya 
    masalah menulis dan menulis.  Blog 
    menjadi ladang yang luas bagi 
    pembelajar tulisan untuk terus
    bereksplorasi, khususnya bagi saya yang
    baru mencoba.
4. Berbagi pengetahuan ke publik
   Tak ada yang lebih menyenangkan 
   dibanding saat kita bermanfaat untuk 
   orang lain.  Membagi sesuatu di blog dan 
   memberikan pengetahuan ke orang lain 
   rasanya membahagiakan.  Orang yang
   mencari sesuatu di dunia maya karena
   butuh pengetahuan,  saat menemukan 
   tentunya akan  berbahagia. Seperti saya
   dulu saat punya anak pertama yang 
   special.  Sangat terbantu blog seorang
   kawan yang berbagi cara pengasuhan 
   anaknya.  Ah,  tidak terbayang bagaimana
   saya jika tidak menemukan blog itu.  
   Sederhana untuk kita,  bisa jadi sangat
   bermakna untuk orang lain.
5. Menambah silahturahmi dan wawasan
    Menulis blog akan mendorong kita 
    melihat blog orang lain.  Belajar dari 
    yang lebih ahli dari senior.  Tentunya hal 
    ini akan menambah silahturahmi dan
    saudara. Saya berharap dapat menimba
    ilmu, bertambah wawasan dan 
    silahturahmi dengan mengenal dunia 
    blog dan menulis di blog

Mungkin itu sementara sekelumit alasan kenapa saya ngeblog. Namun yang mendasar bahwa berbagi itu akan membuat semuanya lebih indah, baik bagi saya sendiri maupun untuk orang lain.  Semoga dapat istiqomah dalam merangkai kata-kata, plus diluruskan niatnya.  Mungkin teman-teman punya alasan yang berbeda kenapa menulis blog?  Berbagi yuks.


#belajar
#day1
#latepost

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Blog Asyik untuk Blogwalking

Ada Edufest Keren dan Wajib Dikunjungi di Kampung Ini

Puisiku